Jumat, 16 Agustus 2019 11:00 Cinthya Septavy

Makan Kerupuk - Tarik Tambang, Apa Lomba 17 Agustus Yang Cocok Kamu Ikutin?

Merdeka! Bentar lagi udah 17 Agustus aja nih Klovers. Mana suaranya yang biasa ikutan lomba? Hari Kemerdekaan Indonesia memang kerap diisi oleh beragam kegiatan yang diadakan masyarakat. Tak mengenal usia, laki-laki atau perempuan, semua berkumpul menyemarakkan hari jadi Tanah Air ini.

Kalau mengingat perjuangan para pahlawan saat mengalahkan penjajah kala itu tentu membuat kita patut berbangga. Kalau bukan atas kerja keras mereka, mustahil kita bisa menikmati segala kebebasan yang kita rasakan sekarang. Setuju dong ya?

Di tempat KLovers biasanya ngadain lomba apa aja sih? Makan kerupuk? Balap karung? Atau apa nih? Nah buat yang belum tahu, ternyata masing-masing perlombaan yang ada di momen 17 Agustus-an itu punya arti tersendiri lho. Makna yang terkandung pun nggak jauh-jauh dari semangat perjuangan pahlawan jaman dulu.

Misalnya, makan kerupuk. Meski terlihat sederhana, ternyata lomba makan kerupuk ini punya makna yang dalam. Para peserta yang ikutan lomba makan kerupuk harus bisa makan dengan kondisi tangan terikat. Hal ini pun mengibaratkan betapa susahnya perjuangan para pahlawan di masa penjajahan untuk memenuhi kebutuhan sandang mereka.

Selain makan kerupuk, satu lagi lomba 17-an yang punya arti mendalam. Balap Egrang. Siapa sangka kalau ternyata dulunya egrang diciptakan untuk mengejek kolonialisme Belanda yang terkenal punya tubuh jangkung. Masyarakat Indonesia pun memanfaatkan egrang agar bisa jadi setinggi mereka. Dan dari perlombaan egrang, kita diajarkan untuk selalu memiliki kepercayaan diri. Karena saat ragu dalam melangkah, kita justru bisa jatuh.

Nah sebelum pada ikutan lomba 17-an, mending kalian cari tahu dulu sebenarnya jenis lomba apa sih yang cocok buat kalian. Ikutan kuis di sini yuk~

Mulai
Bagikan